Beranda | Artikel
Kelembutan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
Rabu, 15 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Kelembutan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 3 Dzul Qa’idah 1439 H / 16 Juli 2018 M.

Kajian Tentang Kelembutan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Aktualisasi Akhlak Muslim

Tidak diragukan lagi bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba yang terdepan didalam akhlak yang mulia ini. Allah subhanahu wa ta’ala telah menyebut NabiNya dengan sifat ini.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّـهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ …

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka…” (QS. Ali-Imran[3]: 159)

Itu adalah rahmat Allah yang Allah berikan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sehingga beliau bisa bersikap lemah lembut terhadap manusia. Berbagai tantangan beliau hadapi didalam menyebarkan agama Allah. Terkadang beliau diintimidasi, dipukul, dihina, dan ujian-ujian yang lainnya. Tapi beliau tidak kehilangan kelembutan. Yang pada akhirnya Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kesudahan yang baik dengan kelembutan itu.

Maka dari itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

إِنَّ الرِِّفْقَ لاَ يَكُوْنُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ شَانَهُ

Tidaklah kelembutan ada pada sesuatu melainkan dia akan menghiasi sesuatu tersebut. Dan tidaklah dicabut kelembutan dari sesuatu melainkan akan memperburuknya.” (HR. Muslim)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Kelembutan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Aktualisasi Akhlak Muslim


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44516-kelembutan-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam/